Sabtu, 04 Mei 2013

MATA PELAJARAN IPA KELAS 3 SD


Mata Pelajaran IPA  kelas 3 SD semester 1
Makhluk hidup dan proses kehidupan.

Ø  Standar Kompetensi :
1.Memahami ciri- ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal – hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.

Ø  Kompetensi Dasar :
1.1  Mengidentifikasi ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
1.2  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
1.3  Menjelaskan kebutuhan makhluk hidup

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan


A. Ciri – ciri makhluk hidup.
1.      Memerlukan makanan untuk hidup.
        Makanan manusia berasal dari hewan tumbuhan. Sedangkan hewan makanannya berasal dari tumbuhan dan hewan lainnya, dan tumbuhan juga membutuhkan makanan akan tetapi tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri di dalam daun.
2.      Makhluk hidup bernapas.
Bernapas adalah menghirup oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida.Oksigen diperlukan tubuh dalam proses pembakaran zat makanan. Pembakaran zat makanan menghasilkan energi (tenaga). Energy digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan.
 Contohnya kegiatan bermain bola....
 
3.      Makhluk hidup dapat bergerak.
Kucing termasuk makhluk hidup. Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Kucing bergerak dengan berjalan, berlari, dan melompat.
Seperti manusia dan hewan, tumbuhan juga bergerak. Akan tetapi, gerakan tumbuhan tidak seperti manusia dan hewan. Ada tumbuhan yang bergerak mengarah ke sumber cahaya. Contohnya Daun putri malu jika disentuh akan menunduk.

4.Makhluk hidup tumbuh
Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Hewan dan tumbuhan juga   mengalami pertumbuhan.Contonya : Kacang merah tumbuh menjadi tumbuhan kacang merah.
Pertumbuhan berarti bertambah berat, bertambah tinggi, bertambah banyak, dan bertambah besar.

5.Makhluk hidup berkembang biak.
Berkembang biak artinya memiliki keturunan. Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang bertelur, beranak,berbiji, dan bertunas.
Contohnya : - Jahe berkembang biak dengan cara bertunas.
        - Burung berkembang biak dengan cara bertelur.


6.Makhluk hidup menerima dan menanggapi rangsangan.
Rasa kaget merupa kan bukti bahwa makhluk hidup tanggap terhadap rangsangan. Hewan dan tumbuhan juga menerima dan menanggapi rangsangan seperti manusia.

B.     Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri – cirinya.
Para ilmuwan mengelompokkan hewan dan tumbuhan berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimilikinya. Pengelompokan tersebut memudahkan mempelajari hewan dan tumbuhan.
1.      Pengelompokkan hewan
a. Pengelompokan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya
Berdasarkan tempat hidupnya, hewan di kelompokkan menjadi tiga kelompok. Ada hewan yang hidup di darat. Contohnya ayam, sapi, dan domba. Ada hewan yang hidup di air. Contohnya ikan, cumi-cumi, dan kerang. Ada juga hewan yang hidup di darat dan di air. Contohnya katak.
     
b. Pengelompokan Hewan Berdasarkan Jumlah Kakinya
Hewan-hewan dapat dikelompokkan berdasarkan jumlah kakinya. Burung dan ayam
merupakan contoh hewan berkaki dua. Kucing, kambing, sapi, dan harimau merupakan contoh hewan berkaki empat.

c. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya.
Hewan dapat dikelompokkan berdasarkan jenis makanannya. Ada hewan yang memakan tumbuhan, seperti sapi dan kelinci. Ada juga hewan yang memakan hewan lainnya, Seperti kucing dan harimau.

d. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Cara Geraknya.
Burung merpati, lebah, dan kupu-kupu bergerak dengan cara terbang dan berjalan. Sedangkan sapi, kambing, kucing, dan harimau bergerak dengan cara berjalan dan berlari.

e. Pengelompokkan Hewan Berdasarkan  Penutup Tubuhnya.
Hewan-hewan mempunyai penutup tubuh yang berbeda-beda, seperti rambut, bulu, sisik, dan cangkang. Penutup tubuh hewan berguna untuk melindungi tubuhnya agar tidak terluka. Berguna juga menjaga agar tubuhnya tetap hangat. Penutup tubuh hewan menyesuaikan dengan lingkungan hidupnya.

2.      Pengelompokkan tumbuhan
a. Pengelompokan Tumbuhan Berdasarkan Tempat Hidupnya
Berdasarkan tempat hidupnya, tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan yang hidup di darat dan tumbuhan yang hidup di air. Eceng gondok dan bunga teratai merupakan contoh tumbuhan yang hidup di air. Sedangkan pohon rambutan pohon mangga, dan pohon pisang merupakan contoh tumbuhan yang hidup di darat.

b. Pengelompokkan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Daun.
Setiap tumbuhan mempunyai bentuk ukuran, dan warna daun yang berbeda. Contohnya : Daun ketela permukaannya halus dan bentuknya seperti jari. Daun rambutan bentuknya ramping dan agak memanjang. Daun teratai berukuran besar dan bundar serta tepi daunnya bergerigi.

c. Pengelompokkan Tumbuhan Berdasarkan Jenis Batangnya.
              Pohon pisang memiliki batang tidak berkayu. Biasanya batang tidak berkayu bersifat lunak, mengandung air, dan memiliki rongga. Contoh tumbuhan yang memiliki batang berkayu adalah pohon mangga. Batang berkayu bersifat keras dan biasanya berwarna cokelat serta berukuran besar.

C.    Kebutuhan makhluk hidup.
Makanan dan minuman merupakan sumber energi bagi manusia. Energi ini berasal dari hasil pembakaran makanan dan minuman di dalam tubuhmu. Dengan energi kamu dapat melakukan kegiatan.
Tumbuhan pada musim kemarau banyak yang mati kekeringan karena tidak ada air. Tumbuhan akan subur jika tidak kekurangan air. Tumbuhan bernapas menghirup oksigen. Hewan makan dan minum untuk bertahan hidup. Hewan juga bernapas seperti manusia.
Hewan memerlukan tempat tinggal untuk melindungi diri dari cuaca, seperti hujan dan teriknya sinar matahari, serta ancaman hewan lain.



1 komentar:

Willy mengatakan...

Makasih Mbak Eka, Mantap dan Sukses buat Mbak Eka.

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates